SDMPK-Boyolali 29/3/2019, Dalam rangka menyukseskan Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat Sekolah Dasar yang rencananya akan digelar pada tanggal 22-24 April 2019, SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali melaksanakan kegiatan Spiritual Motivation dengan tema, “Dekati Allah, maka Allah akan dekat kita…Kun Fayakun.”

Kegiatan yang diikuti kelas VI dengan jumlah total 96 peserta didik ini dimulai pada hari Jumat, (29/3) sampai Sabtu (30/3) dan dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam serangkaian Spiritual Motivation ini merupakan kegiatan yang mempunyai latar belakang untuk mengajarkan kepada peserta didik tentang perlunya mendekati Dzat yang berkehendak atas segala sesuatu di muka bumi ini.

Koordinator kegiatan, Rina Anggraini, S. Pd. I, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, siswa dibimbing untuk dapat menemukan pola belajar, habits, serta energi positif dari masing-masing individu untuk mempersiapkan diri menghadapi USBN. Setelah menemukan habits tersebut, kemudian dikaji habits yang mana yang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan, terkahir harapannya adalah, siswa mampu menginterpretasikan serta mengaplikasian dalam kegiatan sehari-hari, utamanya jelang periapan USBN ini.”

Selain tujuan utama tersebut, kegiatan ini merupakan moment penting bagi peserta didik kelas VI untuk merajut cerita demi cerita yang akan mereka bawa untuk dijadikan bahan cerita dengan teman baru pada grade selanjutnya, yaitu Sekolah  Menengah Pertama.

Seluruh peserta didik mengalami sendiri proses belajar dalam kegiatan kali ini dan sekaligus berbaur dengan lingkungan sekitar, mengaplikasikan nilai-nilai sosiokultural baik terhadap sekolah maupun masyarakat sekitar. Harapannya, dengan langkah tersebut, ingatan peserta didik akan melekat lebih lama sebagai wujud pembelajaran long term memory.

Haryadi, S. Sos. I selaku Kepala Sekolah menyampaikan bahwa, kegiatan Spiritual kepada anak di sekolah menjadi program pembiasaan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, sehingga menjadi harapan juga sebagai pembiasaan bagi anak akan aktualisasi nilai agama  ketika di luar sekolah, yaitu di rumah maupun di lingkungannya. Bagi kelas VI yang akan menghadapi USBN, tinggal menghitung hari, maka perlu persiapan mental dan juga persiapan Spiritual, sehingga anak tidak merasa ketakutan atau minder.

 

 

Create by :Ust Carolina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *