SDMPKNEWS – Sebanyak 23 siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali mengikuti wisuda tahfiz atau penghafal Al-Qur’an juz 30.

Wisuda digelar di Halaman SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali, Banaran, Boyolali. Para wisudawan mengenakan pakaian berwarna putih didampingi para wali atau orang tua mereka.

Menghafal Al Qur’an merupakan kurikulum unggulan di SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali dengan target sampe lulus anak bisa mengahafal juz 30.

Dalam sambutanya , kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali Alif Agus Sutesno, SPd.

Wisuda tahfidzul Quran merupakan puncak dari proses pembelajaran alquran yang dimulai dari kegiatan murojaah setiap harinya. Sebelum diputuskan sebagai peserta wisuda setiap siswa harus melewati beberapa tahapan, salah satunya lulus dalam ujian Tasmik dihadapan tim penguji tasmi’ yaitu dewan Asatidz.

Wisuda tahfidzul Qur’an merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan memotivasi siswa siswi dan sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa siswi yang telah mengkhatamkan hafalan 1 juz.

Lebih lanjut dsampaikan bahwa Wisuda tahfidzul quran bukanlah tujuan akhir, namun ini adalah wasilah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al quran untuk selanjutnya belajar mentadabburi seiring dengan perkembangan usia dan pendidikan anak.

Acara Wisuda berjalan dengan hikmad dan disambut antusias yang luar biasa dari waimurid dan tamu undangan, Suasana Haru juga menyelimuti acara pada saat peserta wisuda mempersembahkan bunga sebagai ucapan terimakasih kepada orang tua dan dewan asatidz sebagai bentuk ungkapan terimakasih karena mereka bisa sampai pada tahap ini karena dukungan orang tua dan dewan asatidz.

Selain itu juga diisi dengan penampilan anak kelas 1 dengan praktek sholat serta pertunjukan tari dari Tim ekskul tari, dan tak luput juga kegiatan Muslim Parenting dengan tema “Pentingnya Pendidikan Tahfidz di Sekolah Dasar Untuk Generasi Qur’ani” yang disampaikan oleh Drs. H. Ali Muchson, M.Ag., M.Pd.I., M.H., M.M. Beliau menyampaikan Dengan Adanya Wisuda Tahfidz Qur’an semoga banyak melahirkan generasi Qur’ani yang hebat dan berwawasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *